Bhabinkamtibmas Kelurahan Ulunggolaka Selamatkan Warga yang Terjebak Banjir di Permandian Air Panas Kea-Kea

 

Polsek Kolaka - Hujan deras melanda beberapa daerah yang ada di Kabupaten Kolaka. Akibat curah hujan yang deras, salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Kolaka tepatnya di Permandian Air Panas Kea-Kea mengalami banjir (dadakan, red) pada hari Sabtu (13/2/2022) sekira pukul 14.30 Wita yang mengakibatkan sekira puluhan pengunjung wisata terjebak banjir yang melanda secara tiba-tiba yang terjadi di sungai yang terletak di Permandian Air Panas Kea-Kea, Kelurahan Ulunggolaka, Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka, Senin (14/2/2022).

Kapolsek Kolaka AKP. Muh. Arman, SH., MH., mengungkapkan, setelah mengetahui adanya banjir (dadakan, red) yang terjadi di Permandian Air Panas Kea-Kea, Bhabinkamtibmas Kelurahan Ulunggolaka Polsek Kolaka Bripka Abd. Syahril, SH., yang setiap saat melakukan pengamanan di wilayah hukum Polsek Kolaka dan melaksanakan setiap Minggu di Permandian Air Panas Kea-Kea langsung ke lokasi banjir guna melakukan penyelamatan warga yang terjebak banjir tersebut.

"Bhabinkamtibmas Kelurahan Ulunggolaka Polsek Kolaka Bripka Abd. Syahril, SH., yang bertugas sebagai pembina di wilayahnya yang selalu memantau langsung setiap Minggu di permandian tersebut, langsung tanggap membantu pengunjung yang terjebak banjir dengan inisiatifnya memasang tali untuk menyelamatkan pengunjung dalam menyeberangi sungai yang airnya membesar akibat hujan deras yang terjadi di hulu sungai tersebut," kata Kapolsek Kolaka AKP. Muh. Arman, SH., MH.

Lanjutnya, menurut keterangan warga setempat, banjir yang terjadi ini belum seberapa, karena ini merupakan banjir dari salah satu hulu sungai yang menurutnya ada beberapa hulu yang berada di puncak gunung di Permandian Air Panas Kea-Kea.

"Saya berharap kepada masyarakat yang berkunjung untuk berekreasi di destinasi wisata Permandian Air Panas tersebut, untuk selalu waspada akan hal-hal yang mungkin terjadi, dan tetap melakukan koordinasi dengan Bhabinkamtibmas Kelurahan Ulunggolaka dan pengelola jika ada hal-hal yang kemungkinan terjadi," lanjutnya.

Sementara itu, pengelola Permandian Air Panas Kea-Kea menjelaskan, banjir dadakan yang terjadi ini sering terjadi jika hujan deras yang melanda di hulu sungai yang berada di puncak bukit tersebut.

"Banjir ini bukan kali pertama yang terjadi dan masih bagian kecil dari banjir dadakan, karena hanya sungai kecil yang terjadi banjir dan ada 3 (tiga) hulu sungai yang ada di Permandian Air Panas Kea-Kea," jelasnya.

Tidak ada komentar